Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Aik Kopi dalam upaya meningkatkan kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil empat sampel secara purposive sampling kepada narasumber yang berkompeten dalam menjawab semua pertanyaan pada penelitian ini. Data dalam penelitian ini berasal dari wawacara dengan narasumber terpilih, dari data-data tertulis dan pengamatan peneliti. Dalam meningkatkan kepuasan pelanggan pemilik Aik Kopi menggunakan strategi komunikasi pemasaran terpadu (IMC). Hasil penelitian ini adalah strategi komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan oleh Aik Kopi yaitu periklanan, penjualan langsung, promosi penjualan , kegiatan humas dan publisitas dengan membangun UMKM dan mempekerjakan warga masyarakat sekitar kedai Aik Kopi, serta kegiatan kemanusiaan dengan melakukan penggalangan dana dan pemberian santunan kepada anak yatim piatu. Sedangkan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan Aik Kopi melakukan strategi komunikasi antara lain meningkatkan kualitas produk kopi, memberikan pelayanan yang ramah, dan suasana tempat yang nyaman.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Referensi
- Afifuddin. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia
- Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
- Kennedy J.E. & Soemanagara, R.D. (2006). Marketing Communication Taktik dan Strategi. Jakarta : PT. Bhuana Ilmu Populer.
- Kotler, P. & Armstrong, G. (2017). PrinsipPrinsip Pemasaran. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
- Machfoedz, M. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu.
- Morissan, M.A. 2010. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Prenadamedia Group.
- Mulyana, D. (2006). Metode Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
- Shimp, T.A. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat.
- Soemanagara. (2016). Strategi Marketing Komunikasi Konsep, Strategi dan Terapan. Bandung: Alfabeta
- Sulaksana, U. (2003). Integrated Marketing Communication. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
- Sutisna. (2001). Perilaku Konsep & Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Referensi
Afifuddin. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia
Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kennedy J.E. & Soemanagara, R.D. (2006). Marketing Communication Taktik dan Strategi. Jakarta : PT. Bhuana Ilmu Populer.
Kotler, P. & Armstrong, G. (2017). PrinsipPrinsip Pemasaran. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Machfoedz, M. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu.
Morissan, M.A. 2010. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Prenadamedia Group.
Mulyana, D. (2006). Metode Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Shimp, T.A. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat.
Soemanagara. (2016). Strategi Marketing Komunikasi Konsep, Strategi dan Terapan. Bandung: Alfabeta
Sulaksana, U. (2003). Integrated Marketing Communication. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sutisna. (2001). Perilaku Konsep & Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.