Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Aik Kopi dalam upaya meningkatkan kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil empat sampel secara purposive sampling kepada narasumber yang berkompeten dalam menjawab semua pertanyaan pada penelitian ini. Data dalam penelitian ini berasal dari wawacara dengan narasumber terpilih, dari data-data tertulis dan pengamatan peneliti. Dalam meningkatkan kepuasan pelanggan pemilik Aik Kopi menggunakan strategi komunikasi pemasaran terpadu (IMC). Hasil penelitian ini adalah strategi komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan oleh Aik Kopi yaitu periklanan, penjualan langsung, promosi penjualan , kegiatan humas dan publisitas dengan membangun UMKM dan mempekerjakan warga masyarakat sekitar kedai Aik Kopi, serta kegiatan kemanusiaan dengan melakukan penggalangan dana dan pemberian santunan kepada anak yatim piatu. Sedangkan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan Aik Kopi melakukan strategi komunikasi antara lain meningkatkan kualitas produk kopi, memberikan pelayanan yang ramah, dan suasana tempat yang nyaman.

Kata Kunci

strategi komunikasi komunikasi pemasaran terpadu kepuasan pelanggan

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Nur Anisah

Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP)

Gun Sukirman

Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP)

Cara Mengutip
Anisah, N., & Sukirman, G. (2023). Aik Kopi’s Marketing Strategy to Increase Customer Satisfaction. INSANI, 10(2), 80–88. Diambil dari https://jurnal.widuri.ac.id/index.php/insani/article/view/180

Referensi

  1. Afifuddin. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia
  2. Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
  3. Kennedy J.E. & Soemanagara, R.D. (2006). Marketing Communication Taktik dan Strategi. Jakarta : PT. Bhuana Ilmu Populer.
  4. Kotler, P. & Armstrong, G. (2017). PrinsipPrinsip Pemasaran. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
  5. Machfoedz, M. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu.
  6. Morissan, M.A. 2010. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Prenadamedia Group.
  7. Mulyana, D. (2006). Metode Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
  8. Shimp, T.A. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat.
  9. Soemanagara. (2016). Strategi Marketing Komunikasi Konsep, Strategi dan Terapan. Bandung: Alfabeta
  10. Sulaksana, U. (2003). Integrated Marketing Communication. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  11. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
  12. Sutisna. (2001). Perilaku Konsep & Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.