Isi Artikel Utama
Abstrak
Sejak ajang pemilihan presiden secara langsung pada 2004, fenomena politik pencitraan di kalangan politisi Indonesia menguat. Kemenangan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam ajang itu dianggap sebagai keberhasilan membangun politik pencitraan. Menyadari kampanye pembentukan citra tidak bisa dilakukan hanya dalam semalam, sejumlah tokoh yang bersiap maju dalam ajang Pilpres 2009, yang dalam penelitian ini disebut capres, melakukan upaya pembentukan citra politik sejak jauh-jauh hari. Mulai dari mengunjungi pusat-pusat kegiatan rakyat di daerah, aktif dalam organisasi sosial ekonomi masyarakat, mendatangi daerah bencana dan memberi bantuan, hingga tampil dalam iklan ‘berbau’ layanan masyarakat atau kepedulian sosial di media massa. Politik pencitraan dilakukan dengan atau tanpa desain sebelumnya. Media massa sebagai salah satu instrumen komunikasi dengan kekuatan melipat gandakan pesan, disadari tak bisa lepas dari politik pencitraan capres. Aspek geografis dan demografis penduduk di Indonesia, membuat media massa mutlak dibutuhkan, agar citra politik capres yang ingin dibentuk, bisa menjangkau sebanyak mungkin calon pemilih, untuk kemudian mempersuasi mereka memilih calon presiden. Penelitian ini sengaja mengkomparasikan politik pencitraan Megawati Soekarnoputri yang didukung parpol besar dengan kekuatan mesin politiknya, dengan politik pencitraan Wiranto yang memasuki kancah perpolitikan nasional menggunakan kendaraan parpol baru dengan kesibukan membangun mesin politik. Pada saat itu mereka adalah kandidat potensial menghadapi SBY. Menggunakan metode kualitatif, penelusuran data dan analisis selama periode penelitian (2008) dilakukan dengan membagi wilayah penelitian ke dalam sejumlah indikator, lalu mencari perbedaan diantara temuan indikator politik pencitraan kedua capres (method of difference). Untuk itu, selain menggunakan berbagai literatur dan mencermati pemberitaan media massa, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan anggota tim sukses capres, termasuk orang di lingkaran dalam Megawati dan Wiranto. Karena politik pencitraan capres terkait pemanfaatan media massa bermuara pada citra politik capres yang direpresentasikan media massa, wawancara juga dilakukan terhadap pakar sekaligus pengamat politik yang memahami fenomena ini. Lalu untuk mengetahui apakah citra capres yang direpresentasikan media massa diapresiasi positif oleh publik, penulis menggunakan sejumlah hasil survei menyangkut presiden pilihan publik.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Referensi
- Ananta, Aris, Evi Nurvidya Arifin, Leo Suryadinata. 2005. Emerging Democracy In Indonesia. Singapore : Institute of Southeast Asian Studies.
- Brock, Timothy C & Melanie C. Green. (ed.) 2005. Persuasion Psychological Insight and Perspectives. California : Sage Publications, Inc.
- Atkin, Charles K., dalam esei berjudul “Theory and Principles of Media Health Campaigns.” Dikutip dari Ronald E. Rice dan Charles K. Atkin (ed.) 2001. Public Communication Campaigns. London : Sage Publication.
- Dhani, Rendro. 2004. Centang-Perentang Manajemen Komunikasi Kepresidenan dari Soekarno sampai Megawati, Jakarta : LP3ES.
- Denton, Robert E. 2000. Political Communication Ethics An Oxymoron?. Westport : Preager.
- Esser, Frank & Barbara Pfetsch. (ed.). 2004. Comparing Political Communication Theories, Cases, and Challenges.Cambridge : Cambridge University Press.
- Firmanzah. 2007. Marketing Politik. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.
- Gamble, Teri Kwal. (ed.). 2005. Communication Works. New York : McGraw Hill.
- Harun, Rochajat & Sumarno. 2006. Komunikasi Politik Sebagai Suatu Pengantar. Bandung : Penerbit Mandar Maju.
- Haris, Syamsudin. (ed). 2005. Pemilu Langsung di Tengah Oligarki Partai, Proses Nominasi dan Seleksi Calon Legislatif Pemilu 2004. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
- Gaines, William. C. Edisi Bahasa Indonesia, 2007. Laporan Investigasi Untuk Media Cetak dan Siaran. Jakarta : Institut Studi Arus Informasi dan Kedutaan Besar Amerika Serikat.
- Kavanagh, Dennis. 1997.Election Campaigning, The New Marketing of Politics,United Kingdom: Blackwell. Lilleker, Darren G & Jenifer Lees-Marshment. (ed.). 2005. Political Marketing A Comparative Perspective. New York : Manchester University Press.
- Lindlof & Taylor, Thomas R. & Bryan C. 2002. Qualitative Communication Research Methods. London: SAGE Publications.
- Mark, David. 2006. Going Dirty, The Art of Negative Campaigning. New York : Rowman & Littlefield Publishers, Inc.
- McNair, Brian. 1995. An Introduction to Political Communication. London : Routledge.
- Mc Nair, Brian. 2000. Journalism and Democracy, First Published. London, Routledge.
- McQuail, Denis. 2005. McQuail’s Mass Communication Theory. London: Sage Publications Ltd.
- McQuail, Denis & Sven Windahl. 1996. Communication Model fot The Study of Mass Communication, Second Edition. Singapore : Longman.
- Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
- Newman, Bruce I. 1999. Handbook of Political Marketing. California : Sage Publications, Inc.
- Pennings, Paul, Hans Keman, Jan Kleinnijenhuis. 1999. Doing Reseach in Political Science.London : Sage Publications.
- Setiyono, Budi. 2008. Iklan dan Politik, Menjaring Suara dalam Pemilihan Umum. Jakarta : AdGoal.Com dan Yogyakarta : Galang Press.
- Schroder, Peter. Edisi Bahasa Indonesia, Cetakan ke-2, Desember 2005. Strategi Politik. Jakarta : Friedrich Naumann Stiftung.
- Shaw, Catherine M. Third Edition, 2004. The Campaign Manager, Running and Winning Local Elections. Colorado : Westview Press.
- Suwardi, Harsono. ed. 2002.Politik, Demokrasi, dan Manajemen Komunikasi, Yogyakarta: Galang Pers.
- Venus, Antar. 2007. Manajemen Kampanye. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.
- Yin, Robert K. 2006. Studi Kasus, Desain dan Mode. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.
- Juholin, Elisa. 2001. Image or Substance? Candidate or Campaign?. Dalam Corporate Communication : An International Journal, Volume 6, Number 3, 2001.
- Kendall, Kathleen E. 2005. Constructing the Primary Story, Embedded With the Media in New Hampshire. Dalam The American Behavioral Scientist, Volume 49 Number 1, September 2005.
- Alfian, M. Alfan, Megawati, Safari, dan Konvensi, artikel dalam kolom Majalah Forum Keadilan, No. 31, 9 Desember 2007.
- Alhumami, Amich, Politik Simbolisme, artikel dalam HU Kompas, edisi Jumat, 28 Maret 2008.
- Mujani, Saiful. Kecenderungan Sentimen Ekonomi Politik 2008, Sebuah Evaluasi Publik, presentasi hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI), Februari 2008.
- Hidayat, Dedy.N. Amerikanisasi Industri Kampanye Pemilu, artikel dalam HU Kompas edisi Mei 2006.
- Indrarto, Totot. Selamat Datang di Dunia Citra, artikel dalam HU Kompas edisi Kamis, 6 Maret 2003.
- Musa, Ali Masykur. Pemilu dan Hegemoni Media, artikel dalam Koran Seputar Indonesia, edisi 13 Februari 2008.
- Pribadi, Airlangga. Kendaraan Politik Sang Jendral, artikel dalam HU Surya edisi Kamis, 1 Februari 2007.
- Agung, Tri Soekarno (2007). Komunikasi Politik Kepresidenan : Studi Pembentukan Citra Politik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Tesis Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia.
- Gazali, Effendi (2004). Communication of Politics and Politics of Communication in Indonesia : A Study on Media Performance, Responsibility and Accountability. Doctoral Thesis Radboud University Nijmegen.
- Hamad, Ibnu. 2004. Konstruksi Realitas Politik dalam Media Massa : Sebuah Studi Critical Discourse Analysis terhadap Berita-berita Politik. Jakarta : Penerbit Granit.
- Sobarudin, Abdul Hanif (2007). Komunikasi Langsung di Era Mediated Politics : Studi Komunikasi Politik Akbar Tandjung di Era Krisis Citra Partai Golkar. Tesis Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia.
- Sudaryanto, Gatot (2007). Persepsi Partai Politik Terhadap Media: Studi Kasus Delapan Parpol di Indonesia. Tesis Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia.
Referensi
Ananta, Aris, Evi Nurvidya Arifin, Leo Suryadinata. 2005. Emerging Democracy In Indonesia. Singapore : Institute of Southeast Asian Studies.
Brock, Timothy C & Melanie C. Green. (ed.) 2005. Persuasion Psychological Insight and Perspectives. California : Sage Publications, Inc.
Atkin, Charles K., dalam esei berjudul “Theory and Principles of Media Health Campaigns.” Dikutip dari Ronald E. Rice dan Charles K. Atkin (ed.) 2001. Public Communication Campaigns. London : Sage Publication.
Dhani, Rendro. 2004. Centang-Perentang Manajemen Komunikasi Kepresidenan dari Soekarno sampai Megawati, Jakarta : LP3ES.
Denton, Robert E. 2000. Political Communication Ethics An Oxymoron?. Westport : Preager.
Esser, Frank & Barbara Pfetsch. (ed.). 2004. Comparing Political Communication Theories, Cases, and Challenges.Cambridge : Cambridge University Press.
Firmanzah. 2007. Marketing Politik. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.
Gamble, Teri Kwal. (ed.). 2005. Communication Works. New York : McGraw Hill.
Harun, Rochajat & Sumarno. 2006. Komunikasi Politik Sebagai Suatu Pengantar. Bandung : Penerbit Mandar Maju.
Haris, Syamsudin. (ed). 2005. Pemilu Langsung di Tengah Oligarki Partai, Proses Nominasi dan Seleksi Calon Legislatif Pemilu 2004. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Gaines, William. C. Edisi Bahasa Indonesia, 2007. Laporan Investigasi Untuk Media Cetak dan Siaran. Jakarta : Institut Studi Arus Informasi dan Kedutaan Besar Amerika Serikat.
Kavanagh, Dennis. 1997.Election Campaigning, The New Marketing of Politics,United Kingdom: Blackwell. Lilleker, Darren G & Jenifer Lees-Marshment. (ed.). 2005. Political Marketing A Comparative Perspective. New York : Manchester University Press.
Lindlof & Taylor, Thomas R. & Bryan C. 2002. Qualitative Communication Research Methods. London: SAGE Publications.
Mark, David. 2006. Going Dirty, The Art of Negative Campaigning. New York : Rowman & Littlefield Publishers, Inc.
McNair, Brian. 1995. An Introduction to Political Communication. London : Routledge.
Mc Nair, Brian. 2000. Journalism and Democracy, First Published. London, Routledge.
McQuail, Denis. 2005. McQuail’s Mass Communication Theory. London: Sage Publications Ltd.
McQuail, Denis & Sven Windahl. 1996. Communication Model fot The Study of Mass Communication, Second Edition. Singapore : Longman.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Newman, Bruce I. 1999. Handbook of Political Marketing. California : Sage Publications, Inc.
Pennings, Paul, Hans Keman, Jan Kleinnijenhuis. 1999. Doing Reseach in Political Science.London : Sage Publications.
Setiyono, Budi. 2008. Iklan dan Politik, Menjaring Suara dalam Pemilihan Umum. Jakarta : AdGoal.Com dan Yogyakarta : Galang Press.
Schroder, Peter. Edisi Bahasa Indonesia, Cetakan ke-2, Desember 2005. Strategi Politik. Jakarta : Friedrich Naumann Stiftung.
Shaw, Catherine M. Third Edition, 2004. The Campaign Manager, Running and Winning Local Elections. Colorado : Westview Press.
Suwardi, Harsono. ed. 2002.Politik, Demokrasi, dan Manajemen Komunikasi, Yogyakarta: Galang Pers.
Venus, Antar. 2007. Manajemen Kampanye. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.
Yin, Robert K. 2006. Studi Kasus, Desain dan Mode. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.
Juholin, Elisa. 2001. Image or Substance? Candidate or Campaign?. Dalam Corporate Communication : An International Journal, Volume 6, Number 3, 2001.
Kendall, Kathleen E. 2005. Constructing the Primary Story, Embedded With the Media in New Hampshire. Dalam The American Behavioral Scientist, Volume 49 Number 1, September 2005.
Alfian, M. Alfan, Megawati, Safari, dan Konvensi, artikel dalam kolom Majalah Forum Keadilan, No. 31, 9 Desember 2007.
Alhumami, Amich, Politik Simbolisme, artikel dalam HU Kompas, edisi Jumat, 28 Maret 2008.
Mujani, Saiful. Kecenderungan Sentimen Ekonomi Politik 2008, Sebuah Evaluasi Publik, presentasi hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI), Februari 2008.
Hidayat, Dedy.N. Amerikanisasi Industri Kampanye Pemilu, artikel dalam HU Kompas edisi Mei 2006.
Indrarto, Totot. Selamat Datang di Dunia Citra, artikel dalam HU Kompas edisi Kamis, 6 Maret 2003.
Musa, Ali Masykur. Pemilu dan Hegemoni Media, artikel dalam Koran Seputar Indonesia, edisi 13 Februari 2008.
Pribadi, Airlangga. Kendaraan Politik Sang Jendral, artikel dalam HU Surya edisi Kamis, 1 Februari 2007.
Agung, Tri Soekarno (2007). Komunikasi Politik Kepresidenan : Studi Pembentukan Citra Politik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Tesis Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia.
Gazali, Effendi (2004). Communication of Politics and Politics of Communication in Indonesia : A Study on Media Performance, Responsibility and Accountability. Doctoral Thesis Radboud University Nijmegen.
Hamad, Ibnu. 2004. Konstruksi Realitas Politik dalam Media Massa : Sebuah Studi Critical Discourse Analysis terhadap Berita-berita Politik. Jakarta : Penerbit Granit.
Sobarudin, Abdul Hanif (2007). Komunikasi Langsung di Era Mediated Politics : Studi Komunikasi Politik Akbar Tandjung di Era Krisis Citra Partai Golkar. Tesis Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia.
Sudaryanto, Gatot (2007). Persepsi Partai Politik Terhadap Media: Studi Kasus Delapan Parpol di Indonesia. Tesis Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia.