Isi Artikel Utama
Abstrak
Tulisan ini memaparkan masalah ekonomi-politik media di bidang komunikasi massa. Kajian ekonomi politik media merupakan salah satu kajian komunikasi yang dilandasi pemikiran kritis mengenai media massa yang memandang media sebagai saluran dalam proses pertukaran komoditas di pasar bebas dalam kaitannya dengan pemanfaatan faktor politik dan kekuasaan guna berkompetisi dan memberikan kepuasan terhadap khalayaknya. Program siaran D’ Academy (DA) Indosiar diduga merupakan program siaran andalan Indosiar dalam meningkatkan rating penyiaran, sehingga dimensi politis yang menyangkut penyiaran diarahkan untuk menciptakan keterdukungan untuk terselenggaranya program siaran ini. Perspektif ekonomi-politik media memandang bahwa, melalui program siaran D’ Academy telah terjadi apa yang disebut komodifikasi. Komodifikasi berhubungan dengan bagaimana proses transformasi barang dan jasa beserta nilai gunanya menjadi suatu komoditas yang mempunyai nilai tukar di pasar. Komodifikasi D’Academy Indosiar telah merubah perspektif dangdut yang tadinya sebagai produk asli budaya tradisional Indonesia menjadi produk budaya komersial yang mempunyai potensi untuk mendatangkan laba dengan cara menggarap secara profesional dalam dunia kerja industri media televisi.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Referensi
- Golding, Peter & Graham Murdock. 1992. Culture, Communications, and Political Economy, dalam Curram & Gurevitch, Mass Media and Society. London : Hodder Arnold.
- McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa. Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.
- Morissan. 2013. Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana.
- Rusadi, Udi. 2015. Kajian Media: Isu Ideologis dalam Perspektif, Teori dan Metode. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
- Mosco, Vincent. 2009. The Political Economy of Communication. California: Sage Publications.
- Wikipedia bahasa Indonesia - Ensiklopedia Bebas.
Referensi
Golding, Peter & Graham Murdock. 1992. Culture, Communications, and Political Economy, dalam Curram & Gurevitch, Mass Media and Society. London : Hodder Arnold.
McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa. Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.
Morissan. 2013. Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana.
Rusadi, Udi. 2015. Kajian Media: Isu Ideologis dalam Perspektif, Teori dan Metode. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Mosco, Vincent. 2009. The Political Economy of Communication. California: Sage Publications.
Wikipedia bahasa Indonesia - Ensiklopedia Bebas.